• Sabtu, 10 Desember 2022

Isi Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 124: Mengisahkan Tugas Berat Nabi Ibrahim dari Allah SWT

- Kamis, 24 November 2022 | 20:10 WIB
Isi kandungan surat Al-Baqarah ayat 124 (EmAji dari pixabay)
Isi kandungan surat Al-Baqarah ayat 124 (EmAji dari pixabay)

ISLAMADANIA.COM - Berikut isi kandungan Surah Al-Baqarah Ayat 124 yang mengisahkan tugas berat Nabi Ibrahim a.s. yang diperintahkan oleh Allah SWT kepadanya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَاِذِ ابْتَلٰٓى اِبْرٰهٖمَ رَبُّهٗ بِكَلِمٰتٍ فَاَتَمَّهُنَّ ۗ قَالَ اِنِّيْ جَاعِلُكَ لِلنَّاسِ اِمَامًا ۗ قَالَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْ ۗ قَالَ لَا يَنَالُ عَهْدِى الظّٰلِمِيْنَ

"(Ingatlah) ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat, lalu dia melaksanakannya dengan sempurna. Dia (Allah) berfirman, “Sesungguhnya Aku menjadikan engkau sebagai pemimpin bagi seluruh manusia.” Dia (Ibrahim) berkata, “(Aku mohon juga) dari sebagian keturunanku.” Allah berfirman, “(Doamu Aku kabulkan, tetapi) janji-Ku tidak berlaku bagi orang-orang zalim.” (Al-Baqarah [2]:124)

Baca Juga: Jadwal Sholat untuk Wilayah DKI Jakarta dan Sekitarnya Hari Kamis 24 November 2022

Ketaatan Nabi Ibrahim a.s yang selalu menjalankan perintah Allah SWT sudah tidak diragukan lagi, seperti perintah membangun Ka'bah dan membersihkannya dari segala macam kemusyrikan. Selain itu, Nabi Ibrahim a.s juga mengorbankan anaknya yaitu Ismail a.s. ia juga pernah menghadapi raja Namrud, dan masih banyak lainnya.

Dari semua perintah Allah SWT nabi Ibrahim a.s tidak pernah menolaknya, bahkan anaknya pernah ia sembelih atas perintah Allah.

Tafsir Tahlili

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat dengan Tema Bijaksana Menghadapi Musibah, Lengkap Arab dan Artinya Cocok untuk

Ibrahim a.s. diuji Tuhan dengan beberapa kalimat dengan menugaskan perintah dan larangan, seperti membangun Ka‘bah, membersihkannya dari segala macam kemusyrikan, mengorbankan anaknya Ismail a.s., menghadapi raja Namrud, dan sebagainya.

Menurut Mahmud Zahram, Ibrahim a.s. telah diberi oleh Allah ber-macam-macam pengalaman ujian dan cobaan.Dia diperintahkan Allah menyembelih anaknya, perjalanan pulang pergi antara Syam dengan Hijaz untuk melihat anak dan istrinya yang berbeda di kedua tempat itu.

Halaman:

Editor: Iwan Setiawan

Sumber: Al Quran Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil Utsman Thaha Penulis Mushaf Al-Quran Arab

Kamis, 24 November 2022 | 20:00 WIB

Seutas Kisah Mukjijat Nabi Musa

Selasa, 5 Juli 2022 | 09:13 WIB

Cerita Rasulullah SAW yang Sangat Suka Bercanda

Selasa, 24 Mei 2022 | 15:50 WIB

Motivasi Kehidupan : Kerja Keras dan Berdoa

Jumat, 6 Mei 2022 | 17:10 WIB
X