• Jumat, 30 September 2022

Muslimah, Ingat Hal Ini Ketika Kamu Merasa Insecure!

- Senin, 18 Juli 2022 | 05:54 WIB
Muslimah, ingatlah hal ini ketika kamu merasa insecure, ingatlah, Allah tak melihat fisik dan prestasi materi duniawi (Pexels.com)
Muslimah, ingatlah hal ini ketika kamu merasa insecure, ingatlah, Allah tak melihat fisik dan prestasi materi duniawi (Pexels.com)

ISLAMADANIA - Tak bisa dipungkiri jika insecure menjadi salah satu masalah yang kerap kali dihadapi oleh banyak orang, terlebih perempuan.

Dalam beberapa penelitian, tingkat insecure dan overthinking pada perempuan lebih tinggi dibandingkan pada laki-laki, hal itu disebabkan karena sifat alamiah perempuan yang biasanya lebih kepada perasa (feeling), sehingga kaum perempuan sering kali mencemaskan sesuatu hal yang sebenarnya belum terjadi.

Istilah insecure sendiri baru populer beberapa tahun belakangan saat isu tentang kesehatan mental mencuat ke permukaan. Sebenarnya, insecure adalah hal yang wajar jika dalam porsi dan kondisi tertentu.

Baca Juga: Sarat Makna, Inilah Rahasia Tersembunyi di Balik Lagu Wal Qolbu Wama Yahwa

Namun, insecure juga bisa menjadi masalah ketika berlebihan dan membuat orang tersebut jadi tak percaya diri bahkan merasa rendah diri, sehingga membuat dirinya menjadi pasif, takut, malu dan cemas untuk tampil ke depan atau melakukan apapun.

Untuk para muslimah, berikut ini adalah hal yang bisa kamu ingat untuk mengurangi rasa insecure.

1. Membaca lalu memahami isi surah At Tin ayat 4, yang Artinya: “Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”. Sudah cukup jelas bahwa Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang paling baik, lebih baik dari ciptaan Allah lainnya.

Allah menciptakan manusia dengan kemampuan yang tidak dimiliki oleh ciptaan lainnya. Tidak satupun manusia yang Allah prioritaskan pada ayat tersebut, itu artinya ayat itu umum bagi manusia, bagi seluruh makhluk ciptaan Allah yang bernama manusia.

Semua manusia, Allah ciptakan dalam bentuk yang paling baik. Tidak hanya satu atau dua orang, tapi semua manusia.

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Al Qur'an

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X