• Jumat, 30 September 2022

Setahun Berlalu, Kondisi Afganistan di Bawah Rezim Taliban, Begini Keadaan Terkini

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 17:20 WIB
Satu tahun kepemimpinan Taliban di Afganistan (Publik)
Satu tahun kepemimpinan Taliban di Afganistan (Publik)

ISLAMADANIA - Setelah puluhan tahun berkonflik, akhirnya puncak pertempuran di Afganistan dimenangkan oleh kelompok Taliban, kelompok yang kerap kali dicap radikal bahkan teroris.

Sebenarnya, secara de facto, sebelum Amerika menginjakkan kakinya di Afganistan, negera tersebut telah memiliki pemerintahan yang sah di bawah kepemimpinan Taliban. Namun, oleh Amerika dan sekutunya, kepemimpinan Taliban tersebut ditumbangkan dengan dalih karena mendukung terorisme dan menjadi sarang bagi para teroris.

Kelompok Taliban generasi pertama memang dikenal sangat keras dan radikal, sangat rigid terhadap pemahaman fiqh Islam, sehingga bisa dikatakan mungkin agak keras dan otoriter.

Baca Juga: Apa Agama Ferdy Sambo? Otak Pembunuhan Brigadir J, Cek Profil dan Biodata Lengkapnya Di Sini...

Semenjak era tahun 1999, Amerika melakukan invasi terselubung ke Afganistan, menumbangkan pemerintahan rezim Taliban. Kemudian mendirikan pemerintahan boneka yang dinamakan Republik Afganistan, negara rapuh tersebut berdiri hampir 20 tahun lamanya, namun bukan berarti bertahan selama 20 tahun menandakan negara tersebut berdiri kuat, justru pemberontakan dari para kelompok Taliban terus menerus menyerang tanpa kenal lelah.

Taliban menganggap pemerintahan Republik Afganistan adalah pengkhianat, karena bersekutu dengan Barat, khususnya Amerika, yang jelas-jelas sudah menghancurkan kehidupan masyarakat Afganistan dalam konflik perang.

Pada akhirnya, tepat pada tahun 2021 di bulan Agustus, Amerika secara resmi hengkang dari tanah Afganistan. Setelah lelah melalui berbagai konflik dan peperangan, akhirnya Taliban berhasil membuat kesepakatan dan menyuruh Amerika untuk angkat kaki, hal ini dianggap sebagai kemerdekaan yang kedua bagi Afganistan, karena telah berhasil mengusir pasukan asing dari negerinya.

Baca Juga: Pasca Kasus Sambo, Meninjau Lembaga Kepolisian dalam Sudut Pandang Fiqh Islam

Setiap Agustus diperingati sebagai bulan kemenangan Taliban, kekuasaan Taliban berhasil menumbangkan penjajahan US dibalik pemerintah boneka, Taliban kini berada dan berkuasa di Afghanistan.

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X