• Jumat, 30 September 2022

Kolaborasi Rehabilitasi Foundation dan K2N Staisman, Peringati Kemerdekaan Dengan Program Clean Up Pantai

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 18:59 WIB
Yayasan Rehabilitasi Foundation dan K2N Staisman Peringati Kemerdekaan dengan Program Clean Up Pantai (Dok. Pribadi)
Yayasan Rehabilitasi Foundation dan K2N Staisman Peringati Kemerdekaan dengan Program Clean Up Pantai (Dok. Pribadi)

ISLAMADANIA - “Kendalikan Sampah, Ciptakan Teluk Yang Indah” merupakan tema besar kegiatan Clean Up Pantai, Desa Teluk, Labuan, Pandeglang-Banten.

Kerjasama antara Yayasan Rehabilitasi dan anggota kelompok Kuliah Kerja Nyata (K2N) se-Kecamatan Labuan, menghasilkan sebuah aksi kolaborasi terhadap kepedulian lingkungan, khususnya masalah sampah di sekitar kawasan Teluk dan daerah pesisir pantai. Kegiatan ini didukung oleh pihak pemerintah setempat, yaitu dengan hadirnya sekretaris Desa Teluk dalam agenda kegiatan.

Hal ini dilakukan karena upaya peserta K2N di desa Teluk yang ingin menciptakan perubahan secara step by step, maka dari itu diusung lah program kerja Clean Up Pantai Bentengan yang kita yakini bahwa Desa Teluk sangat berpotensi untuk menjadi desa yang bersih dan ramah lingkungan dengan wisata kulinernya yang menjadi icon.

Baca Juga: Pandangan Hukum Islam Untuk Kasus Cinta Beda Agama

Sebanyak 30 volunteer yang terdiri dari Mahasiswa kelompok kuliah kerja nyata Staisman dan Komunitas Rehabilitasi melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan dimulai pukul 09:00 sampai 11:30, ada sekitar 25 trasbag yg kami hasilkan selama kegiatan clean up pantai 

Selain untuk memperingati HUT RI ke 77 upacara bendera di atas sampah dan clean up pantai bentengan juga semoga bisa menyadarkan masyarakat kecamatan Labuan terkhusus desa Teluk bahwa sampah menjadi ancaman yg nyata dan besar jika tidak terkelola.

Sementara itu Khoerul, koordinator K2N kecamatan labuan sekaligus Presiden Mahasiswa STAISMAN mengatakan, "Sesuai Dengan tema kemerdekaan kali ini yaitu pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, maka kami selaku agent of change membuat suatu inovasi kegiatan yang jarang dilakukan khalayak ramai demi terciptanya suatu visi bersama yaitu kendalikan sampah, ciptakan teluk yang indah"

Baca Juga: Doa Saat Diri Dihina, Dibully, Dizholimi atau Pun Diperlakukan Buruk

Kegiatan inipun menjadi suatu bentuk kritikan terhadap pemerintah setempat maupun pemerintah pusat untuk fokus dan serius dalam upaya penanggulangan sampah, disamping banyaknya relawan yang peduli terhadap sampah tapi jika pemerintah nya tidak ikut membantu maka persoalan ini tidak akan ada akhirnya. Maka daripada itu kami mengajak seluruh pemerintah terkait untuk bersama sama menyelesaikan persoalan sampah khususnya di kecamatan labuan.

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X