• Jumat, 30 September 2022

Sosialisasikan 4 Pilar MPR RI, Abdi Sumaithi Berharap PW MA Banten perkuat Nasionalisme Masyarakat

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:55 WIB
Sosialisasi 4 Pilar MPR RI oleh Abdi Sumaithi (Dok. Pribadi)
Sosialisasi 4 Pilar MPR RI oleh Abdi Sumaithi (Dok. Pribadi)

ISLAMADANIA - Serang, (10/8) Abdi Sumaithi anggota MPR RI Dapil Provinsi Banten menggelar sosialisasi 4 pilar MPR RI di Aula PUPR Banten. 

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar yang bekerja sama dengan Pengurus Wilayah Mathla'ul Anwar (PW MA) Provinsi Banten ini dihadiri oleh pengurus tingkat wilayah, pengurus tingkat daerah dan perwakilan badan otonom. 

Taufiq Rahman dalam sambutannya selaku Ketua PW MA Banten menuturkan pentingnya soliditas kader Mathla'ul Anwar dalam merawat kerukunan umat beragama sebagai penguat dan penjaga nilai luhur bangsa. 

Baca Juga: Doa Memohon Perlindungan Agar Terhindar dari Fitnah Saingan Bisnis dan Tetangga yang Sirik

Hal senada disampaikan Abdi Sumaithi bahwa salah satu kunci kemerdekaan Indonesia adalah bersatunya semua masyarakat tanpa membedakan suku, ras, dan agama. Semuanya satu tujuan, mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Disamping itu, Abdi Sumaithi menuturkan, empat pilar MPR RI sebagai landasan dalam menjaga kedaulatan bangsa sangat penting oleh masyarakat. Poin-poin dalam empat pilar MPR RI yakni mencakup Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika yang merupakan semboyan Negara. 

Pemahaman empat pilar MPR RI menjadi hal yang sangat penting ditengah kehidupan masyarakat yang majemuk. Masyarakat Indonesia yang bersifat plural, dengan berbagai keberagaman, suku, bahasa, ras dan termasuk keberagaman agama mesti dijaga dalam bingkai kerukunan dan kesatuan yang tertuang dalam empat pilar MPR RI.

Baca Juga: Bagaimana Islam Memandang Perselingkuhan, Berikut Ini Penjelasannya

Abdi Sumaithi melanjutkan, “saat ini masyarakat dihadapkan pada  pengaruh globalisasi dan persaingan antar bangsa yang semakin tajam serta kuatnya intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional. Dalam mengahadapi hal tersebut, penting untuk memahami secara utuh nilai-nilai kebangsaan sebagai landasan dalam menjaga identitas dan keutuhan bangsa." 

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X