• Jumat, 30 September 2022

Peringati Hari Sungai Nasional, Rehabilitasi Foundation Lakukan Sinergi Bersama Mahasiswa KKN 30 UIN Banten

- Minggu, 31 Juli 2022 | 14:47 WIB
Peringati Hari Sungai Nasional, Rehabilitasi Foundation sinergi bersama kelompok mahasiswa yang melakukan pengabdian di masyarakat (Dok. Pribadi)
Peringati Hari Sungai Nasional, Rehabilitasi Foundation sinergi bersama kelompok mahasiswa yang melakukan pengabdian di masyarakat (Dok. Pribadi)

ISLAMADANIA - Rehabilitasi Foundation selaku yayasan yang berfokus di bidang lingkungan dan sampah, melakukan banyak sinergi dengan banyak pihak, di antaranya adalah kelompok mahasiswa.

Beberapa di antara program kegiatan yang dilaksanakan adalah memberikan edukasi terkait kesadaran terhadap lingkungan. Salah satu di antaranya adalah memberikan edukasi melalui kegiatan memperingati hari-hari nasional maupun internasional yang berkaitan dengan lingkungan, seperti hari bumi, hari sungai nasional dan lain sebagainya.

Setiap tanggal 27 Juli diperingati sebagai Hari Sungai Nasional. Hal tersebut dimanfaatkan oleh team Rehabilitasi Foundation, yaitu mengadakan kegiatan khusus, yaitu kegiatan susur sungai sambil melihat kondisi sungai yang dipenuhi sampah.

Baca Juga: Hadirkan Spirit Islam, Kukerta 30 UIN Banten Sambut 1 Muharam 1444 H Bersama Masyarakat

Kegiatan peringatan ini guna menggerakkan kepedulian masyarakat dalam mengelola sungai - sungai di Indonesia. Hari Sungai Nasional ditetapkan oleh pemerintah pada tahun 2011.

Berdasarkan data BPS sekitar 46% sungai di Indonesia termasuk dalam keadaan tercemar berat, 32% termasuk dalam keadaan tercemar sedang berat, 14% termasuk dalam tercemar sedang, dan 8% nya termasuk tercemar ringan. Dengan adanya Hari Sungai Nasional ini diharapkan masyrakat lebih peduli dalam menjaga baik kebersihan dan kelestarian sungai - sungai tercemar di Indonesia.

Di Indonesia terdapat sedikitnya 330 sungai besar, yang melahirkan sejumlah kerajaan besar, seperti Melayu, Tarumanegara, Sriwijaya, dan Majapahit. Namun, seperti data BPS di atas, saat ini sebagian besar kondisi sungai di Indonesia mengalami kerusakan, dengan hampir separuhnya dalam kondisi tercemar berat.

Baca Juga: Doa Agar Diberikan Kelancaran Saat Berbicara dengan Calon Mertua

Kerusakan ini diperkirakan sebagai dampak dari kegiatan ekonomi ekstraktif, seperti perkebunan, pertambangan, dan industri. Pembuangan limbah domestik atau rumah tangga juga turut merusak sungai-sungai di Indonesia.

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X