• Jumat, 30 September 2022

Bolehkah Menikah dengan Saudara Tiri, Ini Penjelasan Hukum Menikahi Saudara Tiri dalam Islam

- Jumat, 9 September 2022 | 13:09 WIB
Hukum menikahi saudara atau saudari tiri berdasarkan hukum fiqh Islam (Istimewa)
Hukum menikahi saudara atau saudari tiri berdasarkan hukum fiqh Islam (Istimewa)

ISLAMADANIA - Bagaimana hukum menikahi saudara tiri, seperti apa Islam memandangnya, bolehkah saudara tiri dinikahi, apa yang dimaksud dengan saudara tiri dan bagaimana hukum menikahi saudara tiri di dalam hukum Islam.

Islam begitu sempurna dalam mengatur dan mengelola tatanan kehidupan manusia, mulai dari hal yang remeh temeh seperti adab makan, bangun tidur, cara berpakaian, sampai kepada hal dan urusan yang rumit dan njlimet seperti mencintai dan menikah, di antaranya adalah aturan mengenai hukum menikahi saudara tiri, semua itu sudah diatur dengan cermat dan teliti di dalam Islam.

Semua aturan dan hukum itu dimaksudkan agar fitrah dan kehidupan manusia terjaga dengan baik, agar kehidupan tertata, terkelola dan mendatangkan kebaikan serta kebermanfaatan bagi umat manusia. Oleh sebab itu Islam disebut sebagai Rahmatan Lil Alamin, Rahmat bagi sekalian alam.

Baca Juga: Inilah Teladan Sikap dari Rasulullah Saat Dizalimi, Dihina, Ditindas, Direndahkan dan Dicaci Maki

Pun ketika masalah cinta melanda sesama saudara tiri, kadang tanpa diduga dan disadari, perasaan cinta itu muncul begitu saja, terlebih jika intens bertemu dan sering berada di lingkungan yang sama. Hal itu pun bisa terjadi kepada mereka yang menjadi saudara tiri, yang hidup bersama atau bertemu saudara tiri saat usianya sudah mulai dewasa.

Kadang masih banyak yang bingung dengan apa yang dialami oleh mereka yang saling jatuh cinta atau mencintai saudara tiri, bahkan ada yang dijauhkan dan dipisahkan oleh kedua orang tuanya.

Namun, perasaan cinta tak bisa dengan mudah lenyap atau hilang begitu saja, mungkin masih banyak yang bingung dan keliru terkait menikahi saudara atau saudari tiri. Masih banyak yang bertanya-tanya, bolehkah menikahi saudara atau saudari tiri.

Baca Juga: Doa Agar Diberikan Kecukupan Rezeki ditengah Krisis Ekonomi dan Kenaikan BBM

Lalu, bagaimana hukum menikahi saudara tiri, tapi, sebelum jauh membahas tentang menikahi saudara tiri, kita mesti mengetahui terlebih dahulu apa itu yang dimaksud saudara tiri?

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Konsultasisyariah.com, NU.or.id, Hadits dan Al Quran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandangan Hukum Islam Untuk Kasus Cinta Beda Agama

Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:42 WIB

Penting! Ini Adab dalam Mengambil Faedah Ilmu

Minggu, 3 Juli 2022 | 18:00 WIB

3 Amalan Agar Terhindar dari Santet dan Sihir

Minggu, 3 Juli 2022 | 10:54 WIB
X