• Jumat, 30 September 2022

Inilah Teladan Sikap dari Rasulullah Saat Dizalimi, Dihina, Ditindas, Direndahkan dan Dicaci Maki

- Jumat, 9 September 2022 | 09:12 WIB
Sikap teladan Rasulullah Muhammad ﷺ. Saat dirinya dizalimi, dihina, ditindas dan dicaci maki. Akhlak yang diteladankannya sungguh mulia (Istimewa)
Sikap teladan Rasulullah Muhammad ﷺ. Saat dirinya dizalimi, dihina, ditindas dan dicaci maki. Akhlak yang diteladankannya sungguh mulia (Istimewa)

ISLAMADANIA - Tak ada satu pun manusia di dunia ini yang ingin dihina, dizalimi, ditindas, direndahkan atau dicaci maki. Semua orang ingin di hargai, dihormati, dilindungi, dan diakui keberadaannya. Namun, dalam kenyataan terkadang tidak demikian, manusia yang mudah terbawa dengan sifat nafsunya, sering kali sombong dan ingin selalu menguasai, serakah dan tamak.

Dari sifat-sifat yang demikian akhirnya muncul penindasan, kedzaliman, merasa diri paling tinggi kedudukannya dan paling terhormat. Sehingga dari sikap tersebut tumbuh pandang yang merasa bahwa orang lain posisinya lebih rendah, dengan demikian pantas untuk dizalimi, dihina, ditindas bahkan dirampas hak-haknya.

Kondisi demikian tak hanya dialami oleh manusia biasa, para Nabi dan Rasul sekali pun, yang jelas-jelas utusan Tuhan, yang membawa risalah dan petunjuk kebenaran hidup, sering kali dirinya dihina, dizalimi, ditindas bahkan dibunuh, entah oleh kaumnya sendiri atau oleh penguasa kaumnya.

Baca Juga: Tengik dan Busuk, Para Oknum Wakil Rakyat Penjilat Ini Malah Kasih Surprise Ulang Tahun Ketua DPR RI

Diceritakan di dalam berbagai kisah agama samawi, terutama para Nabi yang diturunkan kepada kaum Bani Israel, hampir sebagian besar diantara mereka mengalami penindasan keji, mendapatkan perlakuan dzalim, dizalimi dengan begitu parah dan mengerikan, bahkan banyak para Nabi yang diutus kepada kaum Bani Israil mati dibunuh.

Di kondisi tertentu, diperbolehkan bagi diri kita yang sedang dizalimi untuk melakukan pembelaan diri jika sekiranya hal tersebut berpotensi membahayakan nyawa. Pembelaan diri yang dilakukan yaitu misalnya menghindarinya atau melawan yang hanya sekedar untuk melumpuhkan lawan agar kita bisa menyelamatkan diri.

Namun, jika bentuknya hanya sekedar hinaan, dizalimi yang sifatnya bukan kekerasan fisik, maka ada contoh dan sikap teladan yang amat sangat mulia dan terbaik yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad.

Baca Juga: Inilah Alasan Tak Ditahannya Putri Chandrawati, Istri dari Ferdy Sambo Sang Pembunuh Kejam, Sadis dan Bengis

Ketika dihina dan dizalimi, Nabi Muhammad SAW ternyata tidak berusaha membalas perbuatan kaum Quraisy itu, sekalipun di kemudian hari, pasukan Islam berhasil mengambil alih kemenangan setelah beberapa hari mengepung Kota Thaif.

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Hadits

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandangan Hukum Islam Untuk Kasus Cinta Beda Agama

Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:42 WIB

Penting! Ini Adab dalam Mengambil Faedah Ilmu

Minggu, 3 Juli 2022 | 18:00 WIB

3 Amalan Agar Terhindar dari Santet dan Sihir

Minggu, 3 Juli 2022 | 10:54 WIB
X