• Jumat, 30 September 2022

Meminta-minta Sumbangan Amal di Pinggir Jalan, Begini Hukumnya

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 22:14 WIB
Meminta sumbangan di pinggir jalan, kotak amal pinggir jalan (Publik)
Meminta sumbangan di pinggir jalan, kotak amal pinggir jalan (Publik)

ISLAMADANIA - Meminta-minta adalah hal yang tidak diperkenankan oleh Rasulullah, hal tersebut amat tidak disukai. Rasulullah lebih menyukai dan menyenangi pengikutnya yang mau berusaha dengan kemampuan yang dimilikinya, karena, hal sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas karunia yang telah diberikan.

Sering kali kita temui dan jumpai di pinggir jalan, ada orang-orang atau pun kelompok masyarakat muslim melakukan kegiatan galangan dana atau donasi di pinggir jalan.

Sebenarnya, secara hukum asalnya, menyediakan dan memfasilitasi agar orang lain bisa berdonasi, itu hal yang diperbolehkan.

Baca Juga: Apa Agama Ferdy Sambo? Otak Pembunuhan Brigadir J, Cek Profil dan Biodata Lengkapnya Di Sini...

Hanya saja, ada aturan terkait cara dan bagaimana hal tersebut (penggalangan dana) dilakukan, agar berjalan sesuai syariat dan tidak merendahkan kehormatan agama atau pun obyek yang dijadikan sasaran donasi.

Biasanya, yang sering kita lihat adalah sumbangan pembangunan masjid di pinggir jalan, galangan dana untuk kebencanaan di pinggir jalan dan lain sebagainya.

Cegatan sumbangan pembangunan masjid ini biasanya dilakukan oleh beberapa orang dengan menggunakan kotak amal atau alat lain di tengah jalan.

Baca Juga: Pasca Kasus Sambo, Meninjau Lembaga Kepolisian dalam Sudut Pandang Fiqh Islam

Kotak amal pembangunan masjib tersebut biasanya dijaga oleh beberapa orang dan bahkan adapula yang ikut mengatur lalu lintas dan ‘memungut’ uang hasil cegatan tersebut.

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: MUI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandangan Hukum Islam Untuk Kasus Cinta Beda Agama

Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:42 WIB

Penting! Ini Adab dalam Mengambil Faedah Ilmu

Minggu, 3 Juli 2022 | 18:00 WIB

3 Amalan Agar Terhindar dari Santet dan Sihir

Minggu, 3 Juli 2022 | 10:54 WIB
X