• Jumat, 30 September 2022

Pasca Kasus Sambo, Meninjau Lembaga Kepolisian dalam Sudut Pandang Fiqh Islam

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 15:46 WIB
Lembaga Kepolisian dalam sudut pandang Islam (Pexels.com)
Lembaga Kepolisian dalam sudut pandang Islam (Pexels.com)

ISLAMADANIA - Pasca mencuatnya kasus pembunuhan kejam, sadis dan di luar nalar terhadap seorang anggota polisi berinisial Brigadir J, bahkan kasus pembunuhan ini bisa dikatakan tak berperikamunsiaan, tak masuk akan dan amat sangat kejam, yang di mana perilaku tersebut hanya mungkin dilakukan oleh Iblis atau setan biadab yang sama sekali tak memiliki hati nurani, atau bahkan jiwanya telah dipenuhi lumpur kegelapan.

Sebab, kasus yang menyeret nama Kadiv Propam Irjen Pol. Ferdy Sambo ini, bisa dikatakan hal yang amat sangat keji, bahkan tak bisa dinalar oleh akal sehat. Pasalnya, selain dibunuh, disinyalir, korban juga difitnah, ini sungguh amat kejam dan keji.

Bagaimana mungkin orang mati bisa membela dirinya atas tuduhan dan fitnah yang dilontarkan oleh para pelaku.

Baca Juga: Pandangan Hukum Islam Untuk Kasus Cinta Beda Agama

Sebelumnya, dituduhkan bahwa korban bernama Brigadir J alias Joshua ini dituduh atas dugaan pelecehan seksual terhadap istri atasannya, yaitu kepada istri Ferdy Sambo, bahkan berbagai pers rilis yang digelar oleh kepolisian dan Kompolnas, langsung dengan cepat dan begitu saja membuat pernyataan dan rilis bahwa kasus ini disebabkan karena dugaan pelecehan seksual. Padahal, setelah ditangani oleh tim khusus yang berada di luar kendali atau gerbong rombongan Ferdy Sambo, ditemukan fakta bahwa kasus pelecehan tersebut sebenarnya tidak pernah ada dan tak pernah terjadi.

Sehingga, apa yang dituduhkan kepada almarhum korban Brigadir Joshua adalah fitnah atau rekayasa belaka.

Namun, berkat usaha dan perjuangan keluarga korban yang meminta keadilan dan menuntut agar diselidikinya kasus ini secara profesional, maka fakta dan kebenaran mulai terungkapkan satu persatu, mulai dari ketidak profesionalan para penyidik sebelumnya, sampai kasus hilangnya CCTV dan terkuaknya skema rekayasa kasus yang dibuat oleh Sambo Dkk.

Baca Juga: Doa Saat Diri Dihina, Dibully, Dizholimi atau Pun Diperlakukan Buruk

Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, namun secara konstitusional, Indonesia bukan Negara Islam. Kendati demikian eksistensi syariat atauhukum Islam telah membumi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Secara sederhana Syariat Islam adalah kode etik yang diikuti oleh umat Islam berdasarkan dua sumber rujukan utama yakni Alquran dan Sunnah Nabi, selain dari sumber lain yakni Ijma (konsensus) dan Qiyas (penalaran analogis).

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Hadits

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandangan Hukum Islam Untuk Kasus Cinta Beda Agama

Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:42 WIB

Penting! Ini Adab dalam Mengambil Faedah Ilmu

Minggu, 3 Juli 2022 | 18:00 WIB

3 Amalan Agar Terhindar dari Santet dan Sihir

Minggu, 3 Juli 2022 | 10:54 WIB
X