• Jumat, 30 September 2022

Pandangan Hukum Islam Untuk Kasus Cinta Beda Agama

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:42 WIB
Pandangan Islam dalam kasus cinta beda agama (Dok. Publik)
Pandangan Islam dalam kasus cinta beda agama (Dok. Publik)

ISLAMADANIA - Cinta kerap kali datang tanpa diduga, ia mengalir dan hadir begitu saja. Pada dasarnya, cinta itu adalah saling menyayangi, saling melindungi, saling menjaga, saling menyejukkan satu sama lain.

Hal itu semua bisa terjadi, ketika dua insan yang saling mencintai, memiliki nilai keyakinan yang sama, saling bersepakat dan bisa saling toleransi, memaklumi diri pasangan serta nilai yang diyakini masing-masing.

Akan tetapi, dalam kenyataan, menyatukan persepsi dalam ranah keyakinan, bukanlah hal yang mudah. Karena, keyakinan adalah sesuatu sistem nilai yang telah tertanam dan menjadi sebuah cara pandang seseorang dalam menyikapi sesuatu.

Baca Juga: Doa Saat Diri Dihina, Dibully, Dizholimi atau Pun Diperlakukan Buruk

Misalnya, jika seseorang telah memiliki keyakinan bahwa konsep Tuhan yang benar itu hanya konsep satu Tuhan atau monotheisme, bagi penganut monoteisme yang hanya mengakui konsep satu Tuhan, maka meyakini lebih dari satu Tuhan akan dianggap menyalahi nilai yang berlaku dan bisa dianggap berdosa.

Tentunya, hal itu akan berbenturan dengan orang yang meyakini konsep bahwa Tuhan mewujud dalam tiga bentuk atau manifestasi, seperti misalnya konsep Trinitas atau Trimurti.

Lalu, bagaimana Islam memandang cinta beda agama, berikut ini adalah pegangan dan nilai yang bisa dijadikan referensi bagi generasi muda muslim, agar tidak salah langkah dalam persoalan cinta.

Baca Juga: Bagaimana Islam Memandang Perselingkuhan, Berikut Ini Penjelasannya

Agama Islam secara terang-terangan melarang adanya menikah beda agama. Allah Swt. berfirman dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 221 yang mengandung arti, “Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Hadits dan Al Quran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandangan Hukum Islam Untuk Kasus Cinta Beda Agama

Jumat, 19 Agustus 2022 | 22:42 WIB

Penting! Ini Adab dalam Mengambil Faedah Ilmu

Minggu, 3 Juli 2022 | 18:00 WIB

3 Amalan Agar Terhindar dari Santet dan Sihir

Minggu, 3 Juli 2022 | 10:54 WIB
X