• Jumat, 30 September 2022

Hukum Menikahi Ibu Tiri atau Mantan Ibu Tiri

- Senin, 19 September 2022 | 19:53 WIB
Ilustrasi mengenai menikah, bagaimana hukum Islam mengatur hukum pernikahan, dan bagaimana hukum menikahi ibu tiri atau mantan ibu tiri (Instagram/@imaz_.)
Ilustrasi mengenai menikah, bagaimana hukum Islam mengatur hukum pernikahan, dan bagaimana hukum menikahi ibu tiri atau mantan ibu tiri (Instagram/@imaz_.)

ISLAMADANIA - Bagaimana Islam mengatur hukum pernikahan, seperti hukum menikahi ibu tiri atau mantan ibu tiri.

Menikah memiliki beberapa hukum tergantung kondisi dan keadaannya, mulai dari mubah, sunnah, makruh, wajib bahkan haram.

Islam sangat detail mengatur berbagai aspek kehidupan, bukan hanya sosial tapi juga personal, hal itu dimaksudkan agar tercipta kehidupan manusia yang teratur dan tertata, tidak berantakan, termasuk di antaranya adalah terkait aturan dan hukum menikah.

Baca Juga: Doa Agar Dikaruniai Akhlak Terpuji

Lalu, bagaimana hukum atau aturan dalam Islam mengenai menikahi ibu tiri atau mantan ibu tiri, boleh atau tidak.

Sebagai seorang muslim hendaknya selalu berpegang teguh kepada prinsip dan aturan Islam, agar diri tidak melenceng dan hidup senantiasa terarah dengan baik.

Berikut ini adalah penjelasan terkait hukum menikahi ibu tiri atau mantan ibu tiri, yang dinukil dari berbagai pendapat ulama yang mahsyur. 

Baca Juga: Doa Agar Mendapatkan Cinta Tulus yang Diridhoi Allah

Agar lebih mudah dipahami, inilah mambaran mudah mengenai pernikahan antara anak tiri dan ibu tirinya adalah sebagai berikut; Ahmad memiliki anak laki-laki bernama Zaky dengan istri sebelumnya. Kemudian Ahmad menikah dengan Khadijah. Karena Ahmad sudah berpisah dengan Khadijah, baik karena bercerai atau karena Ahmad meninggal, kemudian Zaky menikahi Khadijah yang merupakan mantan istri ayahnya.

Anak tiri menikahi ibu tirinya, sebagaimana gambaran di atas, tidak diperbolehkan dalam Islam. Anak sama sekali tidak boleh menikahi mantan istri ayahnya, baik ayahnya sudah bersetubuh dengan mantan istrinya tersebut maupun belum bersetubuh.

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Hadits, Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hukum Menikahi Ibu Tiri atau Mantan Ibu Tiri

Senin, 19 September 2022 | 19:53 WIB

Nasihat Kehidupan : Sederhanakan Hidupmu

Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:00 WIB

Pondasi Amal Umat Islam, Ini Pentingnya Akidah

Kamis, 23 Juni 2022 | 12:00 WIB

Gambaran Dahsyatnya Sakaratul Maut

Selasa, 21 Juni 2022 | 16:08 WIB
X