Belajar Ideologi: Metodologi Pemikiran atau Manhaj Al-Fikr Aswaja, Tawasuth dan Tawazun

- Kamis, 1 Desember 2022 | 08:14 WIB
Ilutrasi Aswaja
Ilutrasi Aswaja

ISLAMADANIA – Setelah sebelumnya belajar ideologi metodologi pemikiran, kerangka berfikir atau Manhaj Al-Fikr dari Aswaja, kali ini belajar ideologi menampilkan pembahasan yang lebih mendalam.

Dalam pembahasan kali ini, ISLAMADANIA menghadirkan metodologi pemikiran, kerangka berfikir atau Manhaj Al-Fikr dari Aswaja yakni tawasuth atau moderat dan tawazun atau berimbang.

Dikutip ISLAMADANIA dari Hand Out Many Have Eyes But Do Not See karya Nur Sayyid Santoso Kristeva, berikut pembahasan metodologi pemikiran, kerangka berfikir atau Manhaj Al-Fikr dari Aswaja yakni tawasuth atau moderat dan tawazun atau berimbang selengkapnya.

Baca Juga: Belajar Ideologi: Metodologi Pemikiran atau Manhaj Al-Fikr Ahlussunnah Wal Jamaah atau Aswaja

Tawasuth ialah sebuah sikap tengah atau moderat yang tidak cenderung ke kanan atau ke kiri.

Dalam konteks berbangsa dan bernegara, pemikiran moderat ini sangat urgen menjadi semangat dalam mengakomodir beragam kepentingan dan perselisihan, lalu berikhtiar mencari solusi yang paling ashlah (terbaik).

Sikap ini didasarkan pada firman Allah: “Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu.” (QS. Albaqarah: 143).

Sementara tawazun atau berimbang ialah sikap berimbang dan harmonis dalam mengintegrasikan dan mensinergikan dalil-dalil (pijakan hukum) atau pertimbangan-pertimbangan untuk mencetuskan sebuah keputusan dan kebijakan.

Baca Juga: Berikut Bacaan Sholawat Munjiyat Agar Hajat Hidup Kita Segera Dikabulkan

Dalam konteks pemikiran dan amaliah keagamaan, prinsip tawazun menghindari sikap ekstrim (tatharruf) yang serba kanan sehingga melahirkan fundamentalisme, dan menghindari sikap ekstrim yang serba kiri yang melahirkan liberalisme dalam pengamalan ajaran agama.

Halaman:

Editor: Adi Wahyudi

Tags

Terkini

Terpopuler

X