• Jumat, 30 September 2022

Doa Menerima Sedekah Agar Berkah

- Jumat, 9 September 2022 | 20:35 WIB
Sedekah melembutkan hati, doa saat menerima sedekah agar kedua belah pihak mendapatkan berkah (Istimewa)
Sedekah melembutkan hati, doa saat menerima sedekah agar kedua belah pihak mendapatkan berkah (Istimewa)

ISLAMADANIA - Sedekah adalah salah satu di antara banyak amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan, dengan bersedekah akan melatih hati dan diri agar lebih lembut dan peduli.

Baik yang bersedekah maupun yang menerima sedekah, akan sama-sama mendapatkan berkah, terlebih jika sedekah tersebut diniatkan hanya kepada Allah semata.

Walau ada yang menyatakan bahwa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah, tapi, sesungguhnya siapa pun di antara mereka yang dengan penuh keikhlasan hati dan tanpa pamrih, serta hanya mengharapkan keridhoan Allah semata, entah yang memberikan sedekah atau yang menerima sedekah, maka sesungguhnya itu lah yang paling baik, yaitu yang ikhlas dan ridho.

Baca Juga: Doa Saat Hendak Unjuk Rasa atau Demo Agar Aman dari Kekejaman Oknum Polisi, dan Dijauhkan dari Pemimpin Dzalim

Berkaitan dengan sedekah, ada sebuah doa yang sebaiknya diamalkan ketika menerima sedekah, agar sedekah tersebut membawa kebaikan dan keberkahan di antara yang memberi sedekah mau pun yang menerima sedekah.

Doa adalah sarana komunikasi transendental antara seorang hamba dengan Tuhannya, di dalam doa terkandung berbagai harapan terhadap segala hal yang disampaikan oleh seorang hamba terhadap Tuhannya. Sedangkan, doa harian adalah doa yang sering dan biasa digunakan untuk aktifitas sehari-hari.

Seorang yang beriman dan yakin kepada Allah akan senantiasa berdoa, dalam setiap aktifitas hariannya selalu diiringi dengan doa, memohon keridhoan kepada Allah, membiasakan diri untuk membaca doa harian, yaitu doa yang berkaitan dengan aktifitas sehari-hari.

Baca Juga: Bolehkah Menikah dengan Saudara Tiri, Ini Penjelasan Hukum Menikahi Saudara Tiri dalam Islam

Hamba yang sehari-harinya tak pernah berdoa, atau tidak membaca doa harian, tidak memohon kepada Allah, maka ia akan mengalami kekosongan dan kehampaan dalam hidupnya.

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Hadits

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Agar Dikaruniai Akhlak Terpuji

Senin, 19 September 2022 | 19:32 WIB

Doa Agar Mendapatkan Cinta Tulus yang Diridhoi Allah

Sabtu, 17 September 2022 | 16:48 WIB

Doa Menerima Sedekah Agar Berkah

Jumat, 9 September 2022 | 20:35 WIB

Doa Saat Mengalami Ghosting

Jumat, 22 Juli 2022 | 19:35 WIB
X