• Sabtu, 10 Desember 2022

Doa Setelah Makan, Amalkan Agar Allah Turunkan Kenikmatan dan Kebaikan

- Minggu, 22 Mei 2022 | 10:54 WIB
Doa sesudah makan, agar Allah turunkan kenikmatan, kebermanfaatan dan keberkahan, serta sebagai bentuk syukur kita kepada Allah (Gambar oleh ruhbastard dari Pixabay )
Doa sesudah makan, agar Allah turunkan kenikmatan, kebermanfaatan dan keberkahan, serta sebagai bentuk syukur kita kepada Allah (Gambar oleh ruhbastard dari Pixabay )

ISLAMADANIA - Aktifitas makan kerap kali dianggap sesuatu yang sepele, sehingga sering kali banyak di antara kita yang lupa untuk berdoa memohon kebaikan dalam makanan.

Padahal, makan adalah hal yang paling dasar dibutuhkan manusia, sehingga, akan lebih baik jika kita juga memiliki etika dan adab dalam aktifitas makan.

Orang awam secara umum, akan mengatakan bahwa "mau makan dong geh ribet banget, ngapain sih dibikin repot", padahal tanpa disadari, justru aktifitas trend saat ini yang bikin repot, seperti sebelum makan bukannya berdoa, malah difoto-foto kemudian diunggah ke sosial media.

Baca Juga: Doa Sebelum Makan, Bisa Diajarkan Pada Anak Sejak Dini Agar Berkah

Walaupun sebenarnya hal itu sah-sah saja dilakukan, namun, akan lebih bermanfaat saat kita bisa memaknai hakikat aktifitas makan yang kita lakukan.

Bahwa, aktifitas makan yang kita lakukan bukanlah sekedar makan biasa, tapi bagaimana kita memaknai dan mensyukuri setiap makanan yang kita santap.

Di antaranya yaitu adalah dengan membiasakan berdoa, memohon keberkahan dan kebaikan dari makanan yang kita makan, dan bersyukur atas makanan yang telah dikaruniakan dan diberikan kepada kita.

Baca Juga: Cara Mengendalikan Diri Agar Tetap Waras di Tengah Kondisi yang Tidak Pasti

Berikut doa sesudah makan, yaitu:

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Hadist

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Amalan dan Doa Saat Terjadi Gempabumi

Jumat, 2 Desember 2022 | 17:57 WIB
X